MULTIMEDIA

Pengetahuan Tentang Multimedia

Pengertian Web Development

Web Development adalah pekerjaan mengembangkan website baik di lingkungan internet atau di intranet yang dapat meliputi desain web, pengembangan konten,  berhubungan dengan klien/pelanggan, pengerjaan skrip baik client-side (sisi klien/browser-user agent) dan atau server-side (yang di dalam server), web server, konfigurasi keamanan jaringan dan pekerjaan e-commerce (transaksi elektronik?).  Meski begitu, diantara pekerja profesional website, istilah "web development" sendiri seringkali merujuk pada aspek utama non-desain, seperti menulis kode alias koding. Web development dapat bermakna luas mulai dari pengembangan satu halaman statis hingga aplikasi internet berbasis web yang sangat kompleks. 
Bagi organisasi besar dan (bisa perusahaan) bisnis, team pengembang website dapat hanya terdiri dari seorang webmaster (permanen atau tenaga kontrak), atau dengan orang lain yang ditempatkan dalam pekerjaan terkait seperti desainer grafis dan atau teknisi sistem informasi.

Seorang programmer, baik komputer atau koder adalah seseorang yang menulis / membuat perangkat lunak komputer. Istilah programmer komputer itu sendiri mengacu pada seorang spesialis (dalam satu bidang programming) atau digeneralisir sebagai orang yang menulis kode untuk banyak macam perangkat lunak.

Bila digabungkan antara definisi web development dan programmer (secara umum), maka bisa dikatakan bahwa web programmer adalah orang yang menulis kode/koder baik yang menguasai satu atau beberapa bidang program dan melakukan pekerjaannya dalam mengembangkan suatu website atau aplikasi internet berbasis web. 

Intermesso sedikit, apakah anda pernah menjadi seorang web developer, sekaligus desainer, flasher (yang bikin animasi flash), pengamanan / sekuritas website, maintainer dan web master (konseptor) sekaligus dan bekerja dalam suatu proyek atau sebagai tenaga kontrak / tetap disuatu perusahaan ?

Bila iya, maka selayaknya anda mendapat apresiasi lebih dari sekedar personil pengembang website. Bila tidak mendapat apresiasi lebih, sebaiknya anda mulai memikirkan masa depan yang lebih baik

Apakah ketika anda bisa membuat gambar / desain lalu dapat disebut web designer? Tanpa ada maksud menyerang siapapun, hanya menurut saya bila hanya bisa menggambar desain dan tidak mengerti apa itu typografi (lebih spesifik web typography), css (cascading style sheet), web color, dan banyak lagi seperti web accesibility, maka tidak layak disebut apalagi mengaku-aku sebagai web desainer, melainkan pembuat gambar saja.

        Bila seseorang bisa menulis:
            <? php echo "hello world, I'm programmer" ; ?>
(tanpa tanda spasi antara < > dan ? ), maka bisa disebut apalagi menggelari diri sebagai web programmer?
Banyak kasus dimana seorang pemula yang baru belajar menulis satu baris kode bahasa program lalu menyebut diri (lebih parah kalau maunya dipanggil master ... master dari hongkong :P)  sebagai web programmer, tanpa mengetahui definisinya.


Tulisan ini dibuat sekedar pengingat agar kita (terutama yang bekerja di dunia web) agar makin mawas diri dan tidak terlena dengan sebutan atau (yang parah) minta disebut web programmer.
Memang sebutan web programmer tidak ada salahnya, karena segala sesuatu ada tahapan-tahapannya, hanya bila untuk kemudian menjadikan diri menjadi lengah dan tidak mau mengembangkan diri (dunia website kan tidak hanya melulu menulis kode) maka anda layak dapat batu bata dan bukan cendol.

Dimana posisi anda sebagai web programmer ?


Lalu apakah dan dimanakan tahapan-tahapan web progammer pemula dan kelas master?
Nah kalau yang ini terus terang saya tidak tahu menahu. Apakah tolok ukur /parameternya ada pada jenjang dunia pendidikan tinggi (strata) ?
Menurut pendapat saya, jenjang kemahiran seorang web programmer/desainer tampaknya tidak bisa diukur melalui parameter strata pendidikan tinggi.
 


Mengapa? 


Karena, sejauh yang saya amati tidak ada jaminan bahwa lulusan strata  (baik strata satu, dua atau tiga) di bidang web programming  (bagian dari pendidikan Teknologi Informasi secara spesifik, cmiiw), akan lebih unggul dibanding yang tidak melalui tahapan strata-strata itu.
Contohnya? silakan dicari di mesin pencari, betapa banyak non-alumni pendidikan tinggi (dalam atau luar negeri) yang tidak kalah bersaing (bahkan lebih mahir) dibanding alumni pendidikan tinggi teknologi informasi.


"Dunia website tidaklah seluas layar monitor komputer, meski anda bisa berselancar keliling dunia hanya dari depan komputer dan koneksi internet"  

webmaster merupakan sebutan dari seorang yang ahli dalam dunia web. tugas web master biasanya adalah untuk memastikan bahwa web server,peranglat keras dan perangkat lunak yang beroperasi secara akurat yang merangcang halaman website dan juga bisa memriksa jaringan melalui situs.web master juga harus berpengalaman dalam perangkat lunak transaksi web,perangkat lunak proses pembayaran dan perangkat lunak keamanan. 

Ada juga yang mengatakan bahwa definisi web master adalah pelaku bisnis yang menggunakan media online bertujuan untuk berbisnis menjual produk atau jasa. disini webmaster buka hanya mencakup aspek teknis mengawasi,memelihara,membangun tetapi juga mengelolo konten,iklan pemasaran dan pemenuhanpesanan untuk situs web.


hal hal yang di lakukan oleh webmaster biasanya yaitu:
1.      membuat materi /isi situs web
2.      mendesain arsitektur web
3.      menerapkan aplikasi web
4.      membuat tampilan web
5.      mengelole situs web
Secara garis besar tugas seorang webmaster  adalah bertanggung jawab untuk merencanakan,
merancang, mengelola dan memelihara situs agar tetap berjalan dengan baik.
Profesi web master biasa.
Untuk profesi webmaster bisa terbagi menjadi sub yang lebih kecil lagi seperti :
1. web designer
web designer bertugas untuk mendesain halan web,seperti merancang
halaman website sebagus mungkin supaya bisa menarik para pengunjung yang ada.
   2. web programmer
web programer adalah seorang yang ahli dalam pembuatan program,biasanya dia menguasai berbagai bahasa pemograman,seperti javascript,php,jQuery,css database dan lain lain.